Perdamaian Dunia dan Proyek Nuklir

Pencapaian dunia internasional setelah berakhirnya Perang Dunia II adalah lahirnya negara-negara baru dan merdeka atas penjajahan. Selain itu perdamaian dunia juga menjadi hal yang sangat diidam-idamkan setelah perang dunia II berakhir. Namun dibalik itu, munculnya teknologi nuklir semakin dikembangkan. Setelah Amerika Serikat menggunakan senjata nuklir dalam perang dunia II dengan mengebom kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Bom nuklir tersebut memiliki daya ledak 20 kilo ton TNT. Bisa dibilang nuklir adalah bentuk dari suatu sumber energi yang besar namun juga menjadi suatu senjata yang mematikan.

Beberapa negara yang mengakui membuat senjata nuklir diantaranya, Amerika Serikat, Rusia, Perancis, Inggris, Cina, Bosnia, Libya, P akistandan Korea Utara. Selain itu negara yang diklaim memiliki senjata nuklir oleh PPB yaitu Israel serta Iran. Bagi negara-negara lain yang tidak memiliki persenjataan nuklir tentu sangat was-was. Senjata pembunuh massal tersebut dapat digunakan kapanpun tanpa kita duga. Senjata tersebut juga merupakan senjata pembunuh massal yang memiliki daya hancur yang dahsyat. Sehingga, perlindungan atas keamanan senjata tersebut terhadap negaranya juga sangat berperan vital.

Selain itu, diciptakan pula pembangkit energi nuklir. Jepang menjadi salah satu negara yang membuat pembangkit listrik tenaga nuklir. Jepang yang dihantam tsunami beberapa waktu yang lalu sempat mengalami kebocoran nuklir yang menyebabkan radiasi nuklir melanda negeri tersebut. Namun, Jepang juga dengan sigap menanggulangi kebocoran tersebut sehingga tidak mengalami kecelakaan nuklir yang lebih serius.

Banyak negara yang membuat reaktor nuklir untuk sumber energi negara tersebut karena banyak manfaatnya jika mampu menggunakan dan mengelola nuklir dengan baik. Reaktor nuklir merupakan suatu tempat atau wadah yang digunakan untuk membuat, mengatur, dan menjaga kesinambungan reaksi nuklir berantai pada laju yang tetap. Dibutuhkan tenaga-tenaga yang professional dibidangnya yang mampu mengelola tenaga nuklir menjadi sumber energi.

Beberapa keuntungan PLTN antara lain tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca selama operasi normal. Selain itu tidak mencemari udara, sedikit menghasilkan limbah padat, serta biaya bahan bakar yang relative rendah. Hal-hal tersebut yang menjadi tujuan utama dibuatnya PLTN sehingga menghasilkan energi listrik yang optimal.

Namun begitu PLTN juga memiliki kelemahan yaitu memiliki risiko kecelakaan nuklir yang membahayakan masyarakat dan lingkungan serta limbah radioaktif tingkat tinggi yang dihasilkan dapat bertahan hingga ribuan tahun. Hal-hal tersebut yang mencemaskan jika suatu wilayah atau negara ingin memiliki reaktor nuklir untuk pembuatan PLTN. Karena daya tahan suatu reaktor nuklir sangat tergantung dengan bahan yang digunakan serta ketahanan letak geografis suatu wilayah.

Hingga saat ini, nuklir dapat berguna untuk kepentingan sumber energi namun jika digunakan dengan buruk maka akan menjadi senjata pembunuh massal yang kelak akan menghancurkan generasi di bumi ini. Bisa dikatakan negara yang memiliki senjata nuklir merupakan ancaman namun bias juga sebagai perlindungan agar tidak terjadi kembali perang dunia. Namun, dengan adanya senjata nuklir juga menjadi suatu senjata politik yang kuat untuk mengontrol dunia.

Namun, menjaga perdamaian dunia tentu sangat penting agar tidak ada penindasan terhadap negara lain atau bangsa lain, sehingga terjalin kehidupan yang harmonis dan dinamis di setiap negara. Karena bias dikatakan saat ini bahwa suatu negara membutuhkan negara lain untuk menjalankan kegiatannya. Tanpa ada kerjasama dengan pihak lain, maka suatu negara bisa dikatakan terkucilkan dan dianggap tidak membuka diri terhadap dunia luar.

Masing-masing negara harus saling menjaga integritas serta persatuan dengan bangsa lain dengan meningkatkan kerjasama tanpa menghilangkan identitas asli negara tersebut. Membuka diri dan saling bertukar pengetahuan sangat penting untuk membangun persatuan antar bangsa. Perbedaan budaya, kultur, serta bahasa bukanlah penghambat namun menjadi pemersatu bahwa banyaknya perbedaan budaya merupakan  kearifan yang perlu dilestarikan.

Perdamaian dunia akan tercipta ketika setiap negara saling bersatu dan tidak mementingkan kekuasan politik dan ego masing-masing untuk menguasai peradaban dunia. Karena peperangan bisa dibilang bersifat menghancurkan dan hanya menyisakan dendam dan ketakutan kepada pihak-pihak yang terlibat walaupun dengan maksud untuk memperoleh kekuasaan. Banyak paham-paham mengenai teori kekuasaan akan diperoleh melalui dan hingga saat ini menjadi pedoman untuk beberapa pihak untuk memperoleh kekuasaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s