Peran Media Online dalam Dunia Industri Kreatif

Dewasa ini, dunia industri menempatkan diri sebagai salah satu faktor penggerak ekonomi yang berperan penting dalam kemajuan perekonomian suatu negara.  Untuk memajukan perekonomian negara, tentu industri harus berkembang dan menjadi kegiatan ekonomi utama dalam suatu negara.  Selama suatu negara masih tergantung pada hasil sektor pertanian atau sektor primer maka negara tersebut bias dikatakan belum berkembang.

Pembangunan perekonomian sangat penting bagi negara berkembang yang masih kesulitan karena hanya ketergantungan kepada satu sektor industri saja, yaitu pertanian ataupun pertambangan. Oleh karena itu, dibutuhkan proses, upaya, dan peningkatan kualitas hidup sebagai elemen penting yang perlu diperhatikan berkaitan dengan suatu pembangunan.

Peran-peran industri lain sangat perlu ditingkatkan agar perkembangan perekonomian dapat berjalanan dengan cepat. Sektor-sektor industri seperti otomotif, energi dan lain-lain harus didukung penuh oleh pemerintah. Selain itu industri kreatif harus berkembang, karena dari sektor ini pembangunan perekonomian akan berjalan lebih lancar. Industri kreatif membuat setiap lapisan masyarakat ikut turun tangan dalam kegiatan perekonomian.

Industri kreatif adalah kumpulan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi. Menurut Kementrian Perdagangan Indonesia industri kreatif merupakan industri yang berasal dari pemanfaatan kreatifitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksplorasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Oleh karena itu, peran industri kreatif dianggap vital untuk memajukan perekonomian suatu negara dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena setiap individu mampu menciptakan pasar dan akan terjadi kegiatan perekonomian yang terus menerus.

Untuk memperkenalkan industri kreatif setiap kelompok atau individu tentu diperlukan media agar suatu karyanya dapat diketahui dan dipasarkan secara luas agar mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, peran lembaga seperti koperasi sangat berperan dalam menampung segala hasil cipta dari setiap masyarakat agar dapat dipasarkan dan dijual secara luas serta akan dapat tetap menjalankan kegiatan industri kreatif mereka.

Selain melalui koperasi-koperasi yang ada di setiap daerah, memanfaatkan teknologi informasi merupakan jalan lain yang dinilai sangat baik untuk memasarkan hasil industri setiap individu maupun kelompok tersebut. Peran media online sangat dibutuhkan karena dengan menggunakan media ini, suatu produk dapat dipasarkan secara luas dan dapat diakses siapa saja dan dimana saja secara cepat dan efisien.

Media jejaring sosial online seperti facebook dapat menjadi sarana yang baik dalam menciptakan suatu pasar dunia maya. Selain dapat memasarkan suatu produknya, masyarakat juga dapat saling bertukar pikiran dan menambah relasi dalam situs pertemanan tersebut. Selain itu media penjualan online seperti tokobagus maupun situs komunitas kaskus menjadi pasar online setiap waktunya dan semakin berkembang karena dapat dengan mudah diakses oleh siapa saja. Masyarakat dapat memasarkan hasil industri kreatifnya dengan mudah sehingga selain efisien dapat juga menciptakan pasar yang luas bahkan hingga ke mancanegara hanya dengan menggunakan media online.

Banyak yang sudah sukses memasarkan produk hasil industri kreatif baik di dalam negeri hingga ke pasar mancanegara hanya dengan menggunakan media online. Relasi dan kepercayaan para konsumen adalah hal yang penting dalam membangunan bisnis agar dapat berkembang. Hanya tinggal bagaimana menggunakan media online tersebut dengan benar, serta menjalin komunikasi yang baik antara produsen dan konsumen walaupun hanya menggunakan media online sebagai sarana berinteraksi. Karena adanya kepercayaan dari masing-masing pihak terjadilah pasar dan kegiatan perekonomian yang berjalan tanpa memandang batas jarak dan waktu.

Saat ini dibutuhkan peran pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk ikut serta membantu membangun perekonomian masyarakat melalui jalur industri kreatif tersebut. Jika terdapat dukungan dari pemerintah, maka kebutuhan akan dana dalam penciptaan produk dari industri kreatif tidak akan terkendala sehingga setiap masyarakat mampu untuk ikut serta dalam kegiatan industri kreatif dan memajukan perekonomian negara sehingga menciptakan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s