Profil Klub FC Barcelona

Barcelona, mungkin nama ini sudah sangat familiar bagi seluruh masyarakat di dunia. Sebuah tim asal Catalunya, Spanyol yang merupakan salah satu klub sepakbola terbaik di dunia. Penulis akan sedikit membahas tentang sejarah dan prestasi klub kebanggaan Spanyol tersebut.

FC Barcelona berdiri pada 29 November tahun 1899 di stadion Gimnasio untuk membuat klub sepakbola di kota tersebut. Barcelona berkembang dibawah kepemimpinan Gamper, presiden klub Barcelona. Tim ini meraih gelar pertama pada tahun 1902 di ajang Copa Macaya. Satdion pertama yang dimiliki oleh klub Barcelona adalah Las Cortes yang memiliki kapasitas 22.000 penonton. Pada tahun 1957 Barcelona menempati stadion baru yang berkapasitas 98.772 penonton  yang hingga saat ini menjadi markas kebanggaan klub yaitu, Camp Nou.

Barcelona mulai Berjaya pada tahun 1950-an dibawah asuhan pelatih Fernando Daucik dan Ladislao Kubala. Di bawah kepemimpinan mereka Barcelona sukses meraih 5 gelar berbeda seperti Liga Primera Spanyol, Copa del Rey, piala super Spanyol, Latin cup serta Piala Fairs atau yang saat ini dikenal dengan nama piala UEFA.

Pada priode 1990-an dominasi Barcelona semakin terlihat ditandai dengan era kepelatihan Johan Cruyff, eks pemain dan juga peletak dasar pengembangan bakat pemain muda klub tersebut. Beliau sukses membawa Barcelona menjuara liga champions untuk pertama kalinya pada musim 1991/1992.  Barcelona menjadi salah satu tim yang pernah menjuarai tiga ajang kompetisi antarklub Eropa, setelah sebelumnya pernah menyabet Piala Winners dan Piala UEFA. Hingga saat ini sejarah terus dibuat menjadikan klub tersebut menjadi salah satu klub tersukses di dunia.

Pada musim 2011/2012 Barcelona sukses menjuatai copa del rei, menjadi semifinalis liga champions dan menjadi peringkat 2 liga di bawah Real Madrid yang sukses menghentikan dominasi Barcelona di liga Spanyol. Hingga saat ini Barcelona sudah mengoleksi 21 gelar juara liga Spanyol, 26 gelar juara copa del rei, 4 gelar juara liga champions eropa, 4 kali juara piala winners, 3 kali juara piala fairs (Piala uefa), 3 kali juara piala super Eropa, 2 gelar juara copa de la liga, 14 gelar juara piala super Spanyol, 2 gelar juara latin cup serta 1 kali juara piala dunia antar klub.

Hingga saat ini Barcelona akan tetap berkembang dan menjadi klub terbaik di dunia dengan banyaknya pemain berkualitas yang berada dalam tim ini. Sebut saja pemain terbaik dunia asal Argentina, Lionel Messi dan jajaran pemain top dunia yaitu Xavi, Iniesta, Fabregas, David Villa, Puyol, Dani Alves serta pemain-pemain yang pernah membela klub tersebut seperti Ronaldinho, Rivaldo, Joseph Samatier, Ladislao Kubala serta Migueli.

Musim 2012/2013 yang akan bergulir nantinya akan menampilkan beberapa wajah baru Barcelona yang tentu akan memberikan warna untuk permainan Barcelona. Tidak bisa dipungkiri bahwa pesona Barcelona sebagai salah satu klub terbaik di dunia yang memiliki jutaan fans di seluruh dunia akan memikat fans untuk menyaksikan setiap pertandingan dan perkembangan dari klub kebanggaan mereka.

Rival Barcelona di la liga Spanyol yang tentunya menjadi rival abadi adalah Real Madrid. Persaingan kedua klub tersebut tentu akan sengit hingga akhir musim karena bisa dibilang bahwa kedua klub tersebut adalah klub terbaik yang ada di Spanyol untuk saat ini. Belum ada yang bisa menghentikan dominasi kedua klub tersebut di Spanyol yang membuat banyak klub-klub kuat Spanyol seperti Valencia, Villareal, serta Atletico Madrid berusaha untuk menghentikan dominasi kedua klub tersebut.

Di kancah Eropa, Barcelona dan Real Madrid juga merupakan klub yang sangat disegani. Barcelona dan Real Madrid di musim 2011/2012 lalu gagal melaju ke final liga champions setelah kedua klub tersebut tersingkir di semifinal atas lawannya yaitu Chelsea dan Bayern Munchen. Musim 2011/2012 memang menjadi musim yang sulit untuk Barcelona karena harus merelakan 2 trofi yang sebelumnya mereka miliki harus direbut oleh klub lain. Di liga, Barcelona harus mengakui keunggulan Real Madrid serta di ajang liga champions mereka harus merelakan trofi liga champions dimiliki oleh Chelsea.

Para penggemar sepakbola tentu akan sangat menantikan bergulirnya musim baru, musim 2012/2013. Musim yang panjang serta musim yang akan sangat menarik untuk disaksikan. Musim untuk mengetahui apakah Barcelona akan kembali meraih kejayaannya kembali, atau menjadi musim yang tidak diduga dengan munculnya juara liga baru selain Barcelona dan Real Madrid.

One response to “Profil Klub FC Barcelona

  1. After checking out a handful of the articles on your site, I
    honestly like your technique of writing a blog. I saved as a favorite it to my bookmark webpage list and will be checking back in the
    near future. Please check out my web site as well and tell
    me how you feel.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s