Perempat Final Piala Eropa 2012

Delapan tim sudah memastikan langkahnya untuk meneruskan langkah untuk menjadi Juara Eropa tahun ini. Ke-delapan tim tersebut adalah Rep. Ceko, Yunani, Jerman, Portugal, Spanyol, Italia, Inggris, dan Perancis. Ke-delapan Negara tersebut lolos setelah mengalahkan lawan-lawannya di fase grub Piala Eropa 2012, dan berhasil menjadi juara dan peringkat ke-dua di masing-masing grub. Ke-delapan Negara tersebut akan kembali bersaing untuk merebut dan mengangkat trofi paling prestisius di Eropa. Spanyol masih berpeluang untuk mempertahankan trofi Piala Eropa dan membuat sejarah untuk menjadi tim yang memenangi Piala Eropa dan Piala Dunia berturut-turut.

Republik Ceko dan Yunani sukses merebut dua tempat di perempat final setelah sebelumnya menyingkirkan dua kontestan lain di grub A yaitu, tuan rumah Polandia dan Rusia yang sebelumnya lebih diunggulkan untuk lolos ke-perempat final. Tuan rumah Polandia tidak bias berbuat banyak setelah hanya menjadi juru kunci di grub A dengan mengoleksi 2 point setelah hanya mampu imbang 2 kali dan kalah 1 kali. Sedangkan Rusia mengawali kompetisi ini dengan gemilang setelah dalam pertandingan pertama melumat Republik Ceko dengan skor 4-1 namun performa mereka menurun setelah hanya mampu bermain imbang dengan Polandia 1-1 dan puncaknya pada laga akhir fase grub ditaklukan Yunani 1-0 yang membuat Rusia pulang lebih awal karena kalah head to head dan harus merelakan posisi 2 kepada Yunani.

Di grub B, Jerman sukses menjaga peluang untuk tetap menjadi unggulan juara di ajang ini, setelah sukses mengalahkan semua tim dalam grub ini yang disebut sebagai grub neraka. Grub yang berisikan Jerman, Portugal, Belanda, dan Denmark adalah grub yang berat. Jerman sukses meraih poin sempurna dan sebagai satu-satunya tim yang mampu meraih poin sempurna di fase grub. Jerman yang berisikan pemain-pemain muda sukses menaklukkan Portugal 1-0, Belanda 2-1, dan Denmark 2-1. Sedangkan sebagai pendamping Jerman untuk melaju ke fase berikutnya adalah Portugal yang mengoleksi 6 point, hasil menang 2 kali dan kalah 1 kali. Belanda sebagai salah satu unggulan menjadi tim terburuk di ajang Piala Eropa setelah dalam 3 pertandingan tidak mampu meraih poin, dan kalah dalam 3 pertandingan di fase grub. Hasil tersebut merupakan rekor terburuk Belanda dalam perjalanannya selama kompetisi ini.

Di grub C, Spanyol dan Italia sukses mendominasi grub dan lolos ke perempat final Piala Eropa setelah sukses menghentikan laju dua tim lainya, Kroasia dan Irlandia. Memang kedua tim tersebut lebih diunggulkan untuk lolos dan mereka menjawab kepercayaan publik. Spanyol lolos sebagai pemimpin grub dengan 7 Poin didampingi oleh Italia dengan 5 Poin. Kroasia gagal lolos setelah hanya mengumpukan 4 poin akibat pada laga terakhir takluk dari Spanyol 1-0 sedangkan Italia sukses meraih kemenangan atas Irlandia 2-0. Irlandia yang memang tidak diunggulkan menjadi tim yang tidak dapat memperoleh satu poin pun sama halnya yang dialami oleh tim raksasa Belanda.

Di grub D, tuan rumah Ukraina sama halnya dengan tuan rumah lainnya, Polandia yang harus bernasib tidak dapat melanjutkan ke fase berikutnya dan menghibur para pendukungnya karena gagal di fase grub. Inggris dan Perancis adalah dua tim yang berhasil merebut tiket perempat final. Inggris sukses menjadi juara grub dengan 7 poin, hasil menang 2 kali dan imbang 1 kali. Sedangkan perancis harus puas direbut posisinya dan hanya menempati posisi runner up setelah hanya mampu mengoleksi 4 poin, setelah 1 kali menang, 1 kali imbang dan 1 kali kalah. Beruntung bagi Perancis karena Swedia dan Ukraina hanya mampu mengoleksi 3 poin hasil 1 kali menang dan 2 kali kalah.

Babak perempat final akan mempertemukan juara grub A Republik Ceko dengan runner up grub B Portugal. Sedangkan runner up grub A Yunani akan menghadapi tim unggulan, Jerman. Pada perempat final lainnya akan berhadapan 4 tim  yang memiliki kans besar untuk menjuarai ajang Piala Eropa, yaitu Juara grub C sekaligus juara bertahan Spanyol akan menghadapi runner up grub D Perancis. Sedangkan pertandingan yang tidak kalah seru adalah pertandingan antara runner up grub C, Italia akan berhadapan dengan juara grub D the three lion, Inggris. Pemenang dari perempat final akan berhadapan di semifinal untuk memastikan langkahnya yang semakin dekat ke gerbang juara Eropa tahun ini.

Pemenang antara Republik Ceko dan Portugal akan berhadapan dengan pemenang dari pertandingan antara Spanyol dan Perancis. Sedangkan, pemenang pertandingan antara Jerman dan Yunani akan berhadapan dengan pemenang antara Italia dan Inggris dalam laga semifinal. Setelah itu mereka sudah melangkahkan satu kaki untuk menjadi juara di Eropa dan akan mempertaruhkan gengsi dan kemampuan mereka di babak final Piala Eropa 2012.

2 responses to “Perempat Final Piala Eropa 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s