Pesta Sepakbola Eropa 2012

Piala eropa atau biasa disebut European Cup 2012 telah dimulai. Bertempat di Polandia dan Ukraina, ajang empat tahunan sepakbola Eropa diselenggarakan dan dibuka pada tanggal 8 Juni 2012 dengan ada 16 negara dalam 4 grub yang berbeda. Pembukaan Piala Eropa diselenggarakan di Polandia dan dimulai pertandingan pertama grub A antara Polandia menghadapi Yunani. Berikut adalah pembagian grub Piala Eropa 2012 :

Grub A

Grub B

Grub C

Grub D

Polandia

Jerman

Spanyol

Ukraina

Yunani

Belanda

Italia

Inggris

Rep Ceko

Portugal

Irlandia Utara

Perancis

Rusia

Denmark

Kroasia

Swedia

Pertandingan grub A dan Grub C akan dilangsungkan di Polandia. Pertandingan grub B dan D diselenggarakan di Ukraina. Masing-masing tim akan menjalani 3 pertandingan di fase grub dan 2 teratas akan lolos ke babak perempat final (8 besar).

Grub A yang dihuni tuan rumah Polandia akan menghadapi pertandingan sengit dan berimbang. Namun, Rusia dan Republik Ceko kemungkinan menjadi unggulan selain tuan rumah yang menjadi tim underdog dan Yunani juara eropa 2004.

Grub B dihuni 4 tim raksasa benua biru yaitu Jerman, Belanda, Portugal dan Denmark. Jerman menjadi tim yang paling sering menjuarai ajang ini dengan 3 gelar juara. Pertandingan di grub ini dipastikan akan menjadi laga grub paling berat karena diisi Jerman, Portugal dan Belanda yang merupakan tim favorit juara piala Eropa serta Denmark yang menjadi kuda hitam dan sering merepotkan lawan-lawannya.

Grub C diisi oleh Juara bertahan Spanyol serta Juara dunia 2006 Italia. Spanyol dan Italia menjadi tim yang diunggulkan untuk lolos ke babak berikutnya namun Kroasia juga menjadi lawan yang tidak mudah untuk dikalahkan. Irlandia Utara menjadi tim underdog yang mungkin akan menyulitkan lawan-lawannya.

Grub D akan menyajikan pertandingan yang menarik anatara tim tuan rumah Ukraina, dan 2 tim favorit juara Inggris dan Perancis. Di grub ini kekuatan ke-empat tim cukup berimbang walaupun Perancis dan Inggris lebih diunggulkan untuk lolos ke babak berikutnya. Ukraina yang bermain di hadapan suporternya akan sangat menyulitkan serta Swedia yang bisa disebut tim Spartan dengan para strikernya yang memiliki kualitas mumpuni seperti Zlatan Ibrahimovic.

Siapapun yang lolos ke babak berikutnya tentu akan memiliki target yang sama yaitu juara. Spanyol memiliki motivasi untuk membuat sejarah menjadi tim yang menjuarai 3 ajang berturut-turut yaitu Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, serta Piala Eropa 2012. Kemudian ada Jerman yang akan memiliki ambisi untuk menjadi juara eropa ke-empat kalinya serta Belanda, Inggris, Portugal dan Perancis yang ingin mendapatkan gelar yang sama, yaitu juara. Tidak dilupakan tuan rumah Ukraina dan Polandia yang memiliki motivasi bermain di kandang sendiri untuk meraih hasil yang maksimal di ajang prestisius di jagad sepakbola Eropa.

Selain euphoria rakyat di Eropa, seluruh pasang mata di penjuru dunia juga merasakan atmosfer yang sama, termasuk Indonesia. Jutaan pasang mata rakyat Indonesia tertuju ke ajang sepakbola Eropa yang merupakan gudangnya pemain sepakbola kelas dunia. Teknik, skill, dan permainan indah ala Eropa tersaji untuk melepas penat serta menjadi ajang untuk mendukung Negara favorit masing-masing supporter. Indonesia adalah salah satu Negara yang mencintai sepakbola, namun sangat disayangkan bahwa perkembangan sepakbola di Indonesia berjalan sangat lamban. Sistem kepengurusan, infrastruktur yang kurang memadai serta pengelolaan kompetisi yang buruk dan kurangnya sarana dalam pembibitan pemain muda menjadi kendala yang dihadapi dalam sepakbola Indonesia.

Ajang sepakbola Eropa bahkan dunia diharapkan menjadi salah satu rekomendasi dan pedonan untuk membuat sepakbola yang baik dan terstruktur dengan baik dengan kompetisi yang berjalan begitu rapi. Harapan masyarakat di Indonesia dari adanya ajang Piala Eropa selain untuk tontonan juga untuk berkaca dan menyadari bahwa Negara kita begitu jauh tertinggal dengan Negara lain. Selain itu, diharapkan ajang Piala Eropa kelak menjadi salah satu standar bagaimana kehidupan bersepakbola berjalan dan Indonesia menjadi salah satu bagian Negara yabg memiliki persepakbolaan yang baik dan di akui dunia.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s