Ketergantungan Masyarakat Terhadap Teknologi

Dewasa ini, teknologi semakin menunjukkan diri sebagai salah satu alat untuk berkembang dan meningkatkan mobilitas perekonomian. Dengan teknologi saat ini yang semakin canggih perusahaan semakin kompetitif dalam menciptakan suatu produk atau layanan kepada masyarakat. Perusahaan menggunakan teknologi dengan efisien namun berkualitas serta membuat produk atau jasa yang semakin dapat menarik minat konsumen untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa tersebut.

Perusahaan teknologi atau elektronik menjadi salah satu perusahaan yang menawarkan berbagai macam produk yang diminati konsumen. Dengan teknologi yang berkembang sangat pesat, setiap perusahaan semakin bersaing untuk mendapatkan konsumen. Perusahaan-perusahaan tersebut menciptakan produk sejenis, namun memberikan nuansa teknologi yang diandalkan dalam setiap produk yang diciptakan.

Masyarakat Indonesia sebagai salah satu konsumen terbesar di dunia tentu menjadi pasar yang sempurna untuk para produsen menjual produknya ke Negara ini. Penggunaan gadget serta barang-barang elektronik lainnya menjadi pasar yang menggiurkan bagi produsen. Bisa dikatakan masyarakat saat ini sangat ketergantungan dengan teknologi. Hampir setiap orang saat ini setidaknya memiliki satu ponsel.

Penggunaan telepon seluler bagi masyarakat saat ini begitu penting karena mudah dibawa sehingga mobilitas kegiatan masyarakat semakin tinggi. Saat ini tidak hanya ponsel yang digunakan untuk sarana telepon saja dan pesan singkat saja. Namun, banyak ponsel yang menggunakan berbagai fitur layanan seperti kamera, perekam video, pemutar musik serta ponsel dengan koneksi internet menjadi primadona saat ini.

Banyak telepon seluler yang dilengkapi fitur-fitur menarik saat ini. Setiap produsen tentu semakin mengembangkan ponsel guna memuaskan serta memberikan layanan-layanan yang mobile sehingga bukan hanya menampilkan fungsi utama dari telepon, namun memuaskan konsumen dengan memberikan layanan yang canggih dalam ponsel tersebut.

Masyarakat semakin kecanduan teknologi karena mereka selalu tertarik dengan teknologi yang semakin berkembang setiap waktu. Membantu masyarakat untuk lebih mudah menjelah dunia maya serta menambah koneksi pertemanan dengan menggunakan situs jejaring sosial. Setiap saat masyarakat selalu memegang dan mengutak-atik gadget mereka baik ketika bangun tidur hingga saat sebelum tidur.

Dalam keadaan saat ini, mungkin gadget yang mengandalkan layanan internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menggali informasi lebih cepat hingga mereka dapat menjelajah dunia hanya dengan sentuhan kecil di gadget mereka. Namun, terbayangkah efek negatif dari sifat konsumerisme dan penggunaan gadget yang berlebihan ?

Dengan semakin seringnya kita sebagai masyarakat menggunaan gadget maka semakin sedikit interaksi sosial yang terjadi secara langsung. Masyarakat lebih senang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan menggunakan teknologi tersebut dibandingkan untuk berinteraksi secara langsung. Penggunaan telepon seluler mungkin membantu untuk berkomunikasi lebih mudah disaat waktu yang dimiliki memang tidak cukup untuk berkomunikasi secara langsung dengan tatap muka.

Penggunaan teknologi seperti internet membuat banyak kejahatan terjadi di dunia maya atau biasa disebut dengan cyber crime. Banyak penjahat yang memanfaatkan sarana internet untuk melakukan kejahatannya. Sebagai contoh pembobolan rekening nasabah bank maupun penipuan berkedok penjualan online.

Selain itu bagi anak-anak yang menggunakan internet secara bebas memungkinkan mereka mengakses layanan yang seharusnya tidak dapat diakses oleh anak-anak. Selain itu, permainan game online yang membuat anak-anak lupa waktu dan memboroskan dana perlu diperhatikan. Anak harus menggunakan layanan internet dengan semestinya. Karena, jika masih anak-anak saja sudah kecanduan teknologi yang menjurus kearah negatif maka akan menjadikan sifat buruk masa depan bangsa.

Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan teknologi digunakan untuk memudahkan serta dapat menjadi hal yang positif bagi penggunanya. Selain itu jangan biarkan diri diperbudak oleh teknologi, namun digunakan untuk mengembangkan diri untuk pencapaian visi dan misi yang akan dicapai guna kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s