Perjalanan Chelsea Menembus Final Liga Champions 2011/2012

Chelsea menjadi salah satu peserta final liga champions musim 2011-2012 selain Bayern Munchen. Chelsea berhasil menembus babak final setelah berjuang dengan langkah yang tertatih namun pasti untuk dapat mengangkat trofi liga champions musim ini dan menjadi trofi pertama di ajang paling kompetitif di eropa. Berikut merupakan perjalanan panjang Chelsea menembus babak final liga champions musim ini :

Babak Grub

Dalam fase pertama grub, Chelsea yang merupakan wakil dari Inggris menghadapi lawan-lawan yang cukup seimbang. Chelsea berada dalam grub E bersama Bayer Leverkusen (Jerman), Valencia (Spanyol), dan Genk (Belgia). Pada laga pertama Chelsea berhadapan dengan Bayer Leverkusen bertempat di Stamford Bridge dan sukses menaklukan klub asal Jerman tersebut dengan skor 2-0. Setelah sukses menaklukan Leverkusen, Chelsea terbang ke Spanyol untuk menghadapi Valencia dan pertandingan tersebut berakhir imbang 1-1. Kembali ke Inggris dengan koleksi 4 poin, Chelsea berhadapan dengan Genk dipertandingan ke-3 liga champions dan sukses melibas tim tersebut 5-0 yang menjadikan Chelsea sementara mengoleksi 7 poin.

Laga ke-4 tersaji di Belgia ketika Genk berhasil menahan imbang Chelsea 1-1 yang membuat persaingan di grub ini semakin ketat. Pertandingan ke-5 Chelsea kembali berhadapan dengan Bayer Leverkusen tapi kali ini akan berlangsung di Bay Arena, markas Bayer Leverkusen. Leverkusen sukses menaklukan Chelsea dengan skor 2-1, di laga lain Valencia sukses menaklukan Genk dengan skor telak 7-0. Hasil tersebut mengancam posisi Chelsea yang turun ke peringkat 3 Klasemen sementara dengan 8 Point. Sementara itu, dengan kemenangan menghadapi Chelsea membuat Leverkusen sukses merebut satu tiket babak 16 besar dan hanya menyisakan 1 tiket lagi yang akan diperebutkan Chelsea dan Valencia. Pertandingan penentuan tersaji antara Chelsea dan Valencia di Stamford Bridge. Chelsea sukses menaklukan tim asal Spanyol tersebut dengan skor 3-0 sekaligus merebut pimpinan klasemen serta tiket 16 besar liga champions. Di Grub ini Chelsea sebagai juara grub sedangkan Bayer Leverkusen menempati posisi ke-2 dan lolos ke babak berikutnya.

 

Fase Gugur

Pada babak Gugur fase 16 besar, Chelsea berhadapan dengan wakil Italia, Napoli. Pertandingan pertama berlangsung di marksa Napoli, dan tim tersebut sukses menaklukan Chelsea 3-1 yang hamper menutup peluang The Blues untuk lolos ke fase perdelapan final. Namun, saat berlaga di Stamford Bridge, Chelsea sukses menaklukan Napoli dengan skor 4-1 dan berhasil lolos secara mengejutkan  dengan agregat 5-4.

Babak perdelapan final mempertemukan Chelsea dengan wakil Portugal Benfica.  Chelsea sukses menaklukan Benfica di masing-masing laga dengan skor 1-0 dan 2-1 sehingga agregat menjadi 3-1 dan sukses menjaga peluang untuk lolos ke babak final liga champions.

Perjalanan Chelsea terus berlanjut setelah sukses menaklukan Benfica, The Blues harus berhadapan dengan juara bertahan asal Spanyol, Barcelona. Barcelona yang menjadi unggulan untuk mempertahankan gelar liga champions dirasa sulit untuk ditaklukan oleh Chelsea. Namun tak diduga, Chelsea sukses menaklukan Barcelona pada leg pertama dengan skor 1-0 yang merupakan bekal untuk menghadapi leg ke-2 yang akan berlangsung di markas El barca.

Leg ke-2 di Camp Nou, Barcelona yang mengusung permainan menyerang benar-benar menyulitkan Chelsea. Chelsea dibuat untuk bermain bertahan karena serangan yang tiada habisnya dari kubu Barcelona.  Barcelona pada babak pertama sudah unggul 2-0 oleh gol Sergio Busquets dan Iniesta. Unggul 2-0 di babak pertama menjadikan Barcelona percaya diri sudah menapakkan satu kaki ke final liga champions. Namun, di babak ke-2 harapan Barcelona untuk mempertahankan gelar pupus setelah Ramires dan Fernando Torres sukses mencetak gol ke gawang Barca. Dengan hasil imbang 2-2 di laga tersebut, maka Chelsea sukses menembus final liga champions musim ini dengan kemenangan agregat 3-2.

Babak final liga champions akan berlangsung di Allianz Arena, Munich, Jerman pada 20 Mei 2012. Akankah Chelsea berhasil merebut gelar juara untuk pertama kali ? Semoga saja dan dipastikan pertandingan antara Bayern Munchen menghadapi Chelsea akan menjadi laga yang menarik perhatian dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s