Perjalanan Bayern Munchen Menembus Final Liga Champions 2011/2012

Babak final liga champions musim 2011/2012 sudah di depan mata. Jutaan pasang mata siap menyaksikkan perhelatan terakbar kompetisi antar klub di benua biru, Eropa. Babak Final liga champions akan berlangsung pada 20 Mei 2012 di Allianz Arena, bertempat di Munchen, Jerman. Babak final akan mempertemukan finalis asal Inggris, Chelsea dengan finalis asal Jerman, Bayern Munchen. Kedua tim lolos ke fase final setelah masing-masing klub mengalahkan wakil Spanyol, Barcelona dan Real Madrid yang sebelumnya menjadi ungulan untuk tampil di final. Berikut merupakan perjalanan Bayern Munchen menembus babak final liga champions 2011/2012 :

Bayern Munchen

Bayern Munchen melaju ke liga champions 2011/2012 sebagai peringkat 3 Bundesliga Jerman musim 2010/2011. Di awal fase grub, Bayern Munchen berada di grub A bersama Napoli(Italia), Manchester City(Inggris) dan Villareal(Spanyol) yang disebut-sebut sebagai grub neraka. Bayern Munchen mengawali laga grub A menghadapi Villareal di Camp El Madrigal, markas dari tim asal spanyol tersebut dengan kemenangan 2-0. Selanjutnya berhasil menaklukan Manchester City di Allianz Arena dengan skor 2-0. Di pertandingan ke-3 Bayern harus terbang ke Italia untuk menghadapi Napoli dan berhasil menahan imbang klub tersebut dengan skor 1-1.

Di putaran ke-2 grub, Bayern menghadapi Napoli kali ini di Allianz Arena markas dari Bayern Munchen dan berhasil menumbangkan klub tersebut dengan skor tipis 3-2. Masih di Allianz Arena, Bayern kembali harus menghadapi wakil Spanyol Villareal dan sukses menang 2-0 yang berhasil meloloskan Bayern ke fase 16 besar liga champions. Pertandingan terakhir fase grub Bayern harus terbang ke Etihad Stadium dengan hasil kekalahan 2-0 dari Manchester City. Di fase grub Bayern berhasil menjadi juara dengan 13 point disusul oleh Napoli sebagai peringkat ke-2 dengan poin 11.

Pada babak 16 besar, Bayern Munchen berhadapan dengan wakil Swiss, FC Basel yang sebelumnya sukses menyingkirkan Manchester United dalam perburuan gelar liga champions. Pada leg pertama FC Basel berhasilkan Bayern Munchen dengan skor 1-0 yang pertandingan tersebut berlangsung di Basel, Swiss. Namun pada leg ke-2 yang berlangsung di markas sendiri, Bayern Munchen sukses menaklukan FC Basel dengan skor 7-0 yang membuat Bayern sukses melaju ke babak 8 besar dengan skor anggregat 7-1. Di babak 8 besar Bayern Munchen sukses meraih kemenangan baik saat berlaga tandang maupun kandang. Pada babak tersebut Bayern sukses menyingkirkan klub wakil Perancis, Olimpique de Marseille dengan agregat 4-0 dengan kemenangan masing-masing 2-0 baik saat berlaga di Perancis maupun di Jerman.

Babak semifinal yang berlangsung pada 18 April dan 26 April 2012 Bayern Munchen berhadapan dengan juara liga champions 9 kali asal Spanyol, Real Madrid.

Leg pertama berlangsung di Allianz Arena markas Munchen, dalam pertandingan tersebut Bayern sukses menaklukkan El Real dengan skor 2-1. Gol Bayern dicetak oleh Frank Ribery pada menit ke-17 serta Mario Gomez pada menit ke-90, sedangkan El Real hanya mampu mencetak satu gol oleh sontekan dari Mesut Ozil pada menit ke-53.

Pada leg ke-2 yang berlangsung di Estadio Santiago Bernabéu markas dari El Real, Real Madrid sukses meraih kemenangan 2-1 atas Bayern Munchen yang mengakibatkan skor agregat menjadi 3-3 yang memaksa terjadinya babak perpanjangan waktu serta adu pinalti dalam pertandingan tersebut. Real Madrid sukses unggul 2-0 dalam 15 menit awal pertandingan ketika Cristiano Ronaldo sukses membobol gawang Manuel Neuer pada menit ke-6 melalui titik pinalti serta menit ke-14. Namun keunggulan 2-0 Real Madrid hanya mampu bertahan 13 menit setelah gelandang Bayern, Arjen Robben sukses mencetak gol melalui titik putih pada menit ke-27 yang menjadikan skor berubah menjadi 2-1. Permainan terbuka yang disajikan oleh kedua klub tidak dapat menambah gol lagi hingga menit akhir dan juga menit perpanjangan waktu yang menjadikan penentuan pemenang melalui adu pinalti.

Dalam adu pinalti, penendang pertama dari Real Madrid, Cristiano Ronaldo gagal mencetak gol setelah Manuel Neuer berhasil menepis tendangan tersebut.  Selain itu sepakkan Ricardo Kaka juga mampu di tahan oleh Manuel Neuer, sedangakn tendangan pinalti dari Sergio Ramos juga melambung tinggi sehingga 3 penendang Madrid gagal mencetak gol. Hanya Xabi Alonso yang sukses mencetak gol bagi Real Madrid. Sedangkan Bayern sukses memimpin 2 angka setelah David Alaba dan Mario Gomez mencetak gol dalam adu pinalti. Walaupun Toni Kroos dan Phillip Laham gagal dalam Eksekusi Pinalti, namun Bastian Schweinsteiger sukses membawa Bayern Munchen ke final liga champions 2011/2012 dengan golnya yang menyudahi perlawan Real Madrid yang haru takluk 1-3 dalam drama adu pinalti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s