Berbagai Masalah di Kota Jakarta

Kegitan manusia pada saat ini begitu banyak terkosentrasi pada kota-kota besar terutama Jakarta. Di Jakarta sekitar 10.000.000 Jiwa beraktifitas setiap harinya. Banyaknya kendaraan yang masuk atau lalu lalang di kota ini menyebabkan antrean kendaraan yang padat hingga menyebabkan kemacetan lalu lintas. Bisa kita lihat setiap jam berangkat kantor dan jam pulang kantor benar-benar menyita waktu kita di jalan. Banyak masalah dalam Ibukota Negara ini yang sangat sulit untuk diatasi. Para calon Gubernur DKI saat ini akan saling mencoba member gagasan-gagasan serta janji-janji untuk mengatasi permasalahan di Ibukota ini.

Permasalahan mengenai kemacetan, banjir serta transportasi tentu menjadi hal penting yang harus dibenahi oleh para pemimpin di DKI Jakarta saat ini. Dalam hal kemacetan telah penulis singgung sebelumnya bahwa banyaknya kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil yang menghiasi jalanan Ibukota setiap hari menimbulkan kemacetan yang benar-benar kompleks pada jam-jam tertentu. Di lihat dari kota penyangga Ibukota juga merasakan dampak kemacetan karena mayoritas masyarakat yang tinggal di kota penyangga ibukota juga bekerja di kota Jakarta. Di kota Depok misalnya setiap jam berangkat maupun pulang kerja bisa terlihat saat sampai di daerah perbatasan kedua kota saja sudah bisa merasakan kemacetan luar biasa. Baru di perbatasan saja sudah macet yang sungguh-sungguh melelahkan. Selain itu banyak kendaraan lain yang melintasi trotoar jalan guna menghindari kemacetan dan banyak pula pedagang yang menggunakan bahu jalan sebagai tempat untuk berjualan sehingga trotoar pun terasa tidak nyaman bagi para pejalan kaki.

Masalah angkutan umum juga menjadi masalah di kota Jakarta ini. Begitu banyak angkutan umum yang sudah tida layak digunakan tetapi masih digunakan sampai saat ini. Angkutan seperti metromini maupun kopaja yang telah usang masih saja digunakan, padahal seharusnya kendaraan yang telah lama beroperasi ini  diganti dengan kendaraan yang baru. Angkutan massal kereta api juga setiap harinya dihiasi oleh para penumpang gelap dan tidak tertibnya para pengguna kereta api sehingga banyak yang naik kea tap kereta meski itu berbahaya. Jadwal kereta serta pasokan armada yang kurang menjadi salah satu penyebab hingga saat ini PT.KAI belum bisa maksimal memberikan kontribusi yang memuaskan bagi para pengguna kereta api. Kebijakan-kebijakan untuk menertibkan para penumpang nakalpun dianggap tidak berguna bahkan gagal untuk menghalangi para penumpang nakal ini untuk mematuhi peraturan yang ada.

Sedangkan banjir adalah salah satu masalah yang belum bisa diatasi hingga saat ini. Pembangunan banjir kanal timur dan banjir kanal barat memang membantu untuk menghalangi banjir untuk dating kembali , namun permasalahan seperti sampah yang tidak dibuang pada tempatnya, gorong-gorong yang tersumbat mengakibatkan banjir tetap terjadi di kota Jakarta. Selain itu bangunan liar dan tata kota yang buruk juga menjadi salah satu penyebabnya. Pembanguna gedung-gedung pencakar langit, hingga pusat perbelanjaan yang tidak mengikutsertakan wawasan lingkungan dalam pembangunan juga berdampak buruk bagi pencemaran lingkungan. Sungai-sungai yang berwarna hitam pekat dengan bau yang menyengat tentu menjadi pemandangan yang tidak sedap untuk kota yang menjadi Ibukota Negara.

Dalam masa-masa saat ini yang sedang gencar-gencarnya untuk pemilihan Gubernur DKI Jakarta yang baru tentu para calon pemimpin harus memiliki strategi jitu untuk mengurangi bahkan menghilangkan masalah-masalah yang begitu kompleks di Jakarta. Mereka tentu harus benar-benar bekerja keras demi membangun Jakarta menjadi kota yang lebih baik. Dengan sistem kerja yang baik dan sesuai koridor tentu akan membantu mengurangi masalah-masalah yang ada saat ini. Dukungan dari masyarakat juga sangat diperlukan untuk menaati peraturan yang berlaku karena untuk Jakarta yang lebih baik bukan hanya peran pemerintah saja namun peran masyarakat juga sangat membantu untuk membangun Jakarta yang benar-benar lebih baik, karena Jakarta adalah Ibukota Negara Indonesia. Ibukota adalah salah satu cerminan bangsa, Jika Ibukota Negara tersebut baik maka nama Indonesia tentu akan baik di mata dunia.

One response to “Berbagai Masalah di Kota Jakarta

  1. Ping-balik: Problem angkutan umum di Jakarta « Kumpulan Tugas Deeantee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s