Pentingnya Softskill

Saat ini di setiap Perguruan Tinggi banyak yang menghadirkan mata kuliah soft skill, namun apa itu ? Mata Kuliah soft skill ditujukan kepada mahasiswa untuk lebih meningkatkan kualitas attitude maupun kreatifitas mahasiswa. Dalam soft skill mengandung nilai-nilai tanggung jawab, kreatifitas, kejujuran untuk mengimbangi kompetensi hard skill para mahasiswa. Karena jika seseorang hanya menggunakan hard skill namun ia memiliki soft skill yang kurang, maka seseorang tidak dapat bersaing di dunia kerja. Memang hard skill dibutuhkan sebagai bahan baku seseorang untuk bekerja, namun soft skill lah yang mengemas seseorang agar hard skill tersebut dapat terolah dan berguna bagi pekerjaannya.

Seseorang membutuhkan attitude yang baik, karena dengan adanya attitude yang baik, maka kita bisa menilai seseorang tersebut berkompeten. Banyak hal yang dapat dipelajari dalam soft skill, soft skill membentuk seseorang untuk dapat menempatkan diri, memperoleh kemampuan seperti komunikasi yang baik, berani bertanggung jawab, membuat keputusan yang tepat untuk dirinya maupun pekerjaannya, kerja sama dalam tim, kepemimpinan, dan hal lainnya.

Dengan adanya Soft skill akan sangat membantu manusia menjadi manusia yang berguna, baik dan penuh dengan etika. Bisa dibilang softskill membentuk seseorang untuk dapat lebih melengkapi hard skill yang dimiliki, bukan hanya pelengkap namun softskill juga sebagai pegangan seseorang dalam memasuki dunia kerja yang lebih kompetitif.

2 responses to “Pentingnya Softskill

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s