Chiptune, Chiptune dan Chiptune

Chiptune ? Chiptune adalah musik yang dibuat dari sound format yang telah di syntesizekan secara realtime oleh computer atau video game sound chip. Chiptune sangat popular pada  pertengahan 1980 sampai akhir 1980 dimana pada saat itu untuk membuat musik dengan computer hanya tersedia sound chip tersebut. Medium tersebut memberikan fleksibilitas kepada para composer dalam menciptakan instrument sendiri, tetapi dikarenakan sound chip komputer pada saat itu hanya tersedia simple tone generator dan noise generator, mengakibatkan keterbatasan dalam menciptakan sound yang lebih complex. Chiptune kadang terdengar “kasar” dan “menciut2” bagi para pendengar yang tidak biasa dengan musik tersebut dan chiptune juga sangat berhubungan dekat sekali dengan video game music.

sumber :http://indonesianchiptunes.blogspot.com/

Nah sampai saat ini chiptune semakin banyak yang menyukainya, dengan adanya banyak komunitas musik chiptune di Indonesia seperti “Indonesian Chiptune“. Dan saat ini juga chiptune tidak hanya untuk membuat musik sendiri namun juga banyak band yang menggunakan instrumen chiptune/8 bit sebagai genre mereka serta sebagai pemanis dari band tersebut.

Bagaimana memainkan musik chiptune ?

Kita bisa memulai dengan software seperti LSDJ, Nano Loop, Fruity Loops, Mario Paint Composer,Fami Tracker, Nuendo, Milky Tracker, Prophet64 di komputer atau laptop anda. Instrument yang populer digunakan adalah Gameboy, Nintendo entertainment system (NES), Commodore 64 dan Atari ST dengan tambahan mixer sebagai pelengkap musik chiptune.

One response to “Chiptune, Chiptune dan Chiptune

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s